Cara Tips Lulus Mengerjakan Tes Psikotes

Cara Tips Lulus Mengerjakan Tes Psikotes

Cara sukses mengerjakan soal psikotest adalah merupakan bagian agar kita sebagai peserta ujian bisa lolos dalam rangkaian berbagai macam bentuk soal-soal psikotes yang begitu banyak jenisnya. Karena memang agar kita mengetahui akan kesiapan menghadapi serangkaian ujian tes semacam ini kita juga perlu mengetahui dan memahami akan contoh-contoh soal psikotest, dan juga tips menghadapi psikotes dengan baik.

Psikotest adalah sebuah bentuk tes yang dilakukan dalam rangka untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. Contohnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ), dan afektif seseorang (lebih bersifat personality atau juga emosional). Inilah yang dimaksud dengan pengertian definisi psikotes ini.

Tujuan dan manfaat psikotes adalah dalam rangka mengukur akan berbagai kemungkinan berbagai atas bermacam kemampuan aspek individu pribadi seseorang yang dilihat dari segi mental (psikologi) dan hal-hal yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis dari seseorang peserta ujian yang mengikutinya.

Hal ini pada umumnya dilakukan nantinya dan setelah kita lulus dalam ujian ini nantinya kita juga akan dihadapkan pada tes wawancara interview kerja. Silakan untuk membaca lebih lanjut lagi mengenai beberapa kiat cara Tips Lulus Menghadapi Tes Wawancara Kerja yang harus diketahui dan dipahami dengan baik pula oleh para pencari kerja.

Dalam hal rekrutmen CPNS, maka psikotes CPNS juga tetap dilakukan oleh Instansi Pemerintah pusat maupun daerah. Demikian pula dengan dengan psikotes pada perekrutan calon pegawai karyawan baru di perusahaan baik yang berskala besar maupun yang kecil. Seperti halnya rekrutmen karyawan pegawai BUMN, perusahaan swasta ternama dan lain-lain. Maka ujian ini tidak lepas dan selalu terkait untuk menilai tingkat dan sifat, karakter, orang yang dites yang merupakan bagian dari tes kepribadian, tes penalaran dan tes IQ.

Pembagian Psikotes Menurut Jenis Tes Kepribadian

Pada umumnya pembagian tes kepribadian yang terdapat dalam rangkaian dan contoh soal psikotes terbagi menjadi :
  • Test Kepribadian Grafis. Tes ini adalah merupakan tes yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya. Test kepribadian grafis meliputi : Test Wartegg, Test DAP (Draw A Person), Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person).
  • Tes Kepribadian Kuesioner. Tahapan dan contoh dalam jenis tes semacam ini adalah bertujuan untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawaban yang dipilihnya terhadap sejumlah pertanyaan yang diajukan (kuesioner). Tes kepribadian kuesioner meliputi : Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes MAPP, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Potensi Sukses.

Cara Tips Sukses Mengerjakan Psikotes

Ada beberapa hal yang bisa menjadi kunci lolos menghadapi soal-soal psikotes antara lain adalah sebagai berikut :

1. Percaya Diri Serta Optimis.
Ini adalah kiat pertama yang tidak boleh diremehkan begitu saja. Bila kita telah siap baik secara fisik maupun mental dalam mengerjakan berbagai macam jenis soal-soal ujian psikotes cpns dan penerimaan karyawan pegawai baru dan lainnya akan sangat membantu memberikan sugesti positif kepada alam bawah sadar kita. 

Dalam mengerjakan segala sesuatu termasuk mengerjakan soal tes intelegensi semacam ini maka rasa kepercayaan diri yang tinggi dibutuhkan. Bila ada awalnya kita sudah pesimis dan akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan ujian tes ini maka hal ini akan membawa pengaruh buruk terhadap diri kita ketika mengerjakannya.

2. Banyak Berlatih Contoh Soal-Soal Psikotes
Pada dasarnya juga soal semacam ini hampir sama bentuknya hanya saja dibedakan dalam bentuk dan cara yang berbeda. Walaupun intinya soal adalah sama. Dengan banyak belajar dan berlatih soal akan memudahkan diri kita mengerjakannya pada saat kita melamar pekerjaan.

Persiapan diri dengan mempelajari beragam macam soal latihan psikotes adalah merupakan bagian dari kesiapan kita menghadapi ujian tes psikotes. Menyiapkan diri dengan belajar soal-soal tes intelegensi dan juga contoh soal-soal psikotes yang tentunya akan kita mudah kita dapatkan di toko buku atau pun di temapt lainnya yang menyediakan akan hal ini.

3. Fokus Dan Konsentrasi
Hal ini akan sangat membantu kita ketika sedang mengerjakan soal demi soal psikotes yang kita hadapi. Konsentrasi, ketelitian dan ketenangan diri adalah bagian penting dalam strategi memudahkan kita mengerjakan tes semacam ini. Karena tanpa ketiganya maka hasil yang diharapkan akan jauh dari kenyataan. Bisa saja kita pandai dan cerdas akan tetapi tanpa ketelitian serta ketenangan diri maka hal ini akan dirasakan sebagai kekurangan. Bahkan bisa membuat kita gagal ujian tes intelegensia semacam ini.

4. Berdoa
Berdoa adalah langkah pertama yang harus kita lakukan dan juga hal terakhir ketika kita akan memulai segala aktifitas, Kerjakan hal ini dengan dimulai berdoa, ditengah-tengah berusaha, diakhiri juga dengan berdoa serta tawakkal akan hasil semuanya setelah kita lampaui proses satu demi satu. Berdoa adalah wujud nyata kelemahan kita sebagai manusia untuk mengharapkan kemudahan dari Allah Ta'ala dalam segala aktifitas kehidupan kita demi mencapai kesuksesan.

1 Response to "Cara Tips Lulus Mengerjakan Tes Psikotes"

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    ReplyDelete