Cara Membuat Jawaban Wawancara Kerja yang Baik dan Berbobot


Anda gagal dalam wawancara atau interview kerja? Jika ya, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah jawaban Anda saat wawancara kerja tersebut kurang baik dan kurang berbobot sehingga Anda dinilai tidak berkualifikasi (unqualified) oleh pewawancara kerja.

Namun, jangan khawatir karena pada wawancara berikutnya Anda dapat membuat jawaban wawancara kerja yang baik dan berbobot. Caranya adalah dengan menggunakan teknik STAR (situation, task, action, and result). Berikut adalah langkah demi langkah menggunakan teknik tersebut. 

1. Infomasikan Situasi dan Tugas

Pewawancara kerja sering bertanya mengenai pengalaman atau keterampilan si kandidat. Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, informasikan situasi (situation) dan tugas (task) yang Anda alami dalam menangani sebuah pekerjaan atau proyek.

Sebagai contoh, jika Anda karyawan berpengalaman di bidang pemasaran, situasinya adalah penjualan stagnan dalam 3 bulan terakhir. Tugasnya, Anda diminta menggandakan penjualan tersebut dalam 6 bulan ke depan oleh atasan Anda atau manajemen perusahaan.

Jika Anda baru lulus dari perguruan tinggi, situasinya adalah praktik lapangan di sebuah lembaga penelitian ternama. Sementara itu, tugasnya adalah Anda diminta meneliti sebuah topik penelitian yang baru bagi Anda dalam 4 bulan.
2. Jelaskan tindakan yang dilakukan

Setelah menginformasikan situasi atau tugas, langkah berikutnya adalah menjelaskan tindakan (action) yang Anda lakukan. Supaya lebih efektif, paparkan langkah demi langkah yang Anda lakukan.

Dalam contoh Anda yang berpengalaman dalam bidang pemasaran di atas, lagkah demi langkah tindakannya dapat berupa:
Meningkatkan iklan di media massa dan elektronik
Mengadakan acara yang melibatkan masyarakat dengan tujuan mengedukasi calon pelanggan
Memberikan sample gratis untuk diuji coba sejumlah keluarga di semua kecamatan yang ada di provinsi tempat perusahaan berada
Membayar artis ternama sebagai brand ambassador
Mencoba beriklan di blog dan sosial media
Melakukan rapat mingguan untuk memantau hasil tindakan yang dilakukan
Mengaudit departemen lain, misalnya departemen pengemasan dan departemen produksi untuk memastikan produk yang dijual sesuai standar yang telah ditetapkan
Melatih tim penjualan dengan membayar konsultan pemasaran ternama
Mengadakan promosi berhadiah, misalnya mobil, motor, dan barang elektronik

Sementara itu, dalam contoh Anda sebagai lulusan baru perguruan tinggi, langkah demi langkah yang Anda lakukan adalah:
Mencari jurnal terkini, baik di perpustakaan atau melalui internet, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman orang lain tentang topik yang akan diteliti
Bertanya kepada peneliti lain yang berkaitan dengan topik penelitian Anda untuk meminta saran
Membaca buku-buku teks yang menjelaskan prinsip dasar topik yang akan diteliti
Melakukan penelitian pendahuluan untuk menguji coba metode mana yang cocok
Menggunakan metode terpilih dalam meneliti
Meneliti topik tersebut dengan antusias dan mencatat semua langkah dan pengamatan
Meminta masukan dari pembimbing Anda di tempat penelitian tersebut dan tempat Anda kuliah
Menjelaskan hasil yang diperoleh dengan mengaitkannya dengan referensi-referensi yang Anda miliki
Mencicil laporan penelitian sehingga Anda tidak repot
Membuat laporan penelitian seminggu setelah penelitian selesai

Semakin rinci Anda menjelaskan tindakan-tindakan yang Anda lakukan, semakin baik jawaban wawancara Anda. Mengapa? Karena pewawancara kerja akan menilai upaya-upaya yang Anda lakukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
3. Informasikan Hasil Akhir


Langkah terakhir adalah adalah menginformasikan hasil (result) yang Anda peroleh. Informasikan hasil yang positif saja sehingga akan menambah kualifikasi Anda. Dalam contoh Anda yang berpengalaman dalam bidang pemasaran, informasikan bahwa Anda meraih hasil sesuai yang ditargetkan yaitu menggandakan penjualan dalam 6 bulan. Tentu saja, informasi ini akan lebih kuat jika Anda memberikan bukti-bukti keberhasilan tersebut, misalnya statistik penjualan atau laporan penjualan yang Anda buat di perusahaan lama.

Dalam contoh Anda sebagai lulusan baru, informasikan bahwa Anda sukses menyelesaikan penelitian tersebut dalam 4 bulan. Tunjukkan juga bukti-bukti kesuksesan tersebut, misalnya laporan skripsi Anda, jurnal (bila penelitian tersebut diterbitkan di jurnal, dan nilai yang Anda peroleh dari para pembimbing penelitian Anda.

Anda dapat membuat jawaban wawancara kerja yang baik dan berbobot dengan menggunakan teknik STAR. Berlatihlah menggunakan teknik tersebut sebelum mengikuti wawancara kerja apa pun. Selain salah satu upaya meminimalkan rasa gugup, latihan tersebut juga membantu Anda mengumpulkan bukti-bukti keberhasilan Anda yang mungkin saja berguna pada saat wawancara kerja nanti.

1 Response to "Cara Membuat Jawaban Wawancara Kerja yang Baik dan Berbobot"

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    ReplyDelete