Penulisan Daftar Pustaka Terlengkap

Contoh Daftar Pustaka - Daftar pustaka adalah kumpulan dari sumber-sumber isi suatu buku yang terletak di halaman belakang buku. Dengan adanya daftar pustaka kita bisa meninjau dan menelusuri lebih lanjut mengenai penelitian atau tulisan seseorang untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Penulisan daftar pustaka yang baik memiliki peranan penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah yang berkaitan dengan akademik. Penulis dituntut untuk menuliskan daftar pustaka dengan benar karena berhubungan dengan tingkat validitas dan karya yang ditulis.

Meskipun daftar pustaka dari buku berasal dari berbagai sumber, ada beberapa komponen-komponen yang wajib dicantumkan yaitu (1) nama penulis, (2) tahun penerbit, (3) judul: dicetak miring arau digaris bawahi, (4) kota tempat penerbit, dan (5) nama penerbit. Berikut ini ada beberapa informasi yang kami rangkum tentang daftar pustaka. 

Penulisan Daftar Pustaka Terlengkap

Panduan dalam Penulisan Daftar Pustaka

Nama pengarang ditulis mulai dari nama belakang/keluarga diikuti dengan tanda koma kemudian nama depan, kecuali nama cina.
Nama pengarang yang ada pada kutipan wajib dimasukkan ke dalam daftar pustaka yang ditulis secara lengkap.
Daftar Pustaka diurut berdasarkan Numerik.
Sebutan gelar pengarang tidak perlu dicantumkan.
Bila terdapat lebih dari satu pengarang, maka semua nama pengarang tetap ditulis, dan nama pengarang pertama saja yang dibalik, dan tidak perlu menggunakan et al atau dkk.
Sumber daftar pustaka yang tidak ada nama pengarangnya ditulis nama lembaga/instansi yang menerbitkannya.
Bila terdapat nama pengarang yang sumber pustaka yang digunakan lebih dari satu buku, maka nama pengarang tersebut tetap ditulis.
Setiap Pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri kanan), tepi antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak dua spasi.
Batasan tahun referensi pustaka maksimal 5 (lima) tahun terakhir.
Referensi pustaka yang diunduh dari internet, harus melalui URL/Web resmi, dengan ketentuan terdapat: nama penulis. Tahun upload tulisan. Judul tulisan. Nama lengkap URL/Web. (tgl,bulan,dan tahun diunduh). Bukan dari Blogspot, wordpress, wikipedia, atau kamus.

Format Penulisan Daftar Pustaka Sesuai dengan Sumber Informasi

1. Penulisan daftar pustaka yang pengambilan datanya dari internet.
Pertama: Tulis nama,
Kedua: Tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik),
Ketiga: Tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi,
Keempat: Tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma,
Kelima: Tulis tanggal pengambilan data tersebut.

Seperti contoh dibawah ini:
Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008

2. Penulisan daftar pustaka yang pengambilan datanya dari buku.
Pertama: Penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan,
Kedua: Tahun pembuatan atau penerbitan buku,
Ketiga: Judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik),
Keempat: Tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua),
Kelima: Penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik).

Seperti contoh dibawah ini:
Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset. · Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.

3. Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis dalam buku yang sama.
Pertama:   Tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. Setelah penulisan nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja, setelah penulisan nama selesai,
Kedua: Tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ (  )] setelah itu beri (tanda titik),
Ketiga: Judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring,
Keempat: Yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri (tanda titik dua : ),
Kelima: Nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik).

Contohnya Seperti dibawah ini:
Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya, W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning, Bandung: Penerbit Informatika.
Whitten, J.L.,Bentley, L.D., Dittman, K.C. (2004). Systems Analysis and Design Methods. Indianapolis: McGraw-Hill Education.

4. Penulisan daftar pustaka Dengan Banyak Pengarang/Penulis.
Jika dalam penulisan daftar pustaka memiliki banyak nama pengarang adalah dengan cara
Pertama:  Hanya nama pengarang pertama yang dicantumkan dengan susunan terbalik,
Kedua: Untuk mengganti nama-nama pengarang lainnya gunakan singkatan et al yang artinya dan lain-lain, 

Contohnya seperti di bawah ini:
Morris, Alton C., et al. College English, the Firts Year. New York: Harcourt, Brace&World.Inc., 1964.

5. Penulisan daftar pustaka Untuk Buku hasil terjemahan.
Untuk penulisan daftar pustaka dari buku-buku terjemahan cara penulisannya yaitu
Pertama: Nama pengarang asli yang diurutkan dalam urutan alfabetis,
Kedua: Keterangan tentang penerjemah ditempatkan sesudah judul buku, dipisah dengan tanda koma.

Contoh Penulisannya;
Multatuli. Max Havelaar, atau lelang Kopi Persekutuan Dagang Belanda, Terj. H.B Jasin, Jakarta: Djambatan, 1972

Fungsi daftar pustaka dalam sebuah karya tulis

Untuk memberitahu kepada pembaca bahwa apa yang telah ditulis bukan hanya didapat dari pemikiran sendiri namun juga mengambil dari pemikiran orang lain yang telah ditulis dalam buku yang tercantum dalam daftar pustaka.
Bagi pembaca yang ingin menelaah lebih jauh tentang pernyataan yang telah ditulis dalam karya tulis yang dibuat maka bisa secara langsung mencarinya dari daftar buku yang telah ditambahkan.
Untuk memberikan penghargaan kepada penulis buku yang tercantum sehingga dari pemikirannya terselesaikanlah sebuah karya tulis.
Penulis akan dipandang lebih profesional ketika mencatumkan daftar pustaka.


Contoh Penulisan Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Adam, Stephen. 2004. Using Learning Outcome: A consideration of the nature, role, application and implications for European education of employing .learning outcomes. at the local, national and international levels. Scotland: Scottish Executive.

Anwar, Khoirul. 2010. Ekonomi Bilingual. Bandung: Yrama Widya

Arami, Ahmad. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2012/2013. Medan. Skripsi FE Unimed

Arikunto, Suharsimi et al. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara 2008. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, zainal et al. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Akar, Elvan. 2005. Effectiveness of 5E Learning Cycle Model on Students’ Understanding of Acid-Base Concepts. Ankara. Thesis of Middle East Technical University

Azhar, Rofa Yulia. 2012. Model Pembelajaran 7E. http://share-pangaweruh.blogspot.com/2012/07/model-pembelajaran-7e.html. Accessed February 22nd 2013

Baker, C.R. 2006. Using Action Research to Promote Increased Academic Success for Educationally Disadvantaged Students. Global Perspectives on Accounting Education Volume 3, 1-21

Bentley, et al. 2007. The 7-E’s Learning Cycle. Biology Module : Teaching Constructivist Science K-8 Page 117-119. Arkansas Development of Education

Brown, Hillary. April 2004. Action Research Classroom: A process that Feeds the Spirit of Adolescent. International Journal Qualitative Method. Volume 3.

Cain, T. 2011. Teachers’ Classroom-Based-Action Research. International Journal of Research & Method in Education. Volume 34. No.1

Campbell and Fuller. 2007. A Teacher’s Guide to the Learning Cycle. Lincoln. Article of University of Nebraska.

Chandra. 2012. What is the Use of Accounting. http://dilipchandra12.hubpages.com/hub/What-is-the-use-of-Accounting. accessed February 17th 2013

Cornelius, Matthew. 2012. The 5E Learning Cycle and Students Understanding of The Nature of Science. Montana. Paper of Montana State University
                                               
Demirdag, Baris. 2011.  Developing Instructional Activities Based On Constructivist 7E Model: Chemistry Teachers’ Perspective1. Journal of  Turkish Science Education Volume 8, issue 4.

Dimyati and Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta

Eisenkraft, Arthur. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher Vol. 70, No. 6.  In Olliver, Mike. 2003. National Science Teachers Association (NSTA).

Ferrance, Eileen. 2000. Themes in Education Action Research. United States : Northeast and Islands Regional Educational Laboratory At Brown University

Hakim, Ly. December 2010. Model Pembelajaran LC (Learning Cycle). http://learningmodels.blogspot.com/2011/04/2.html. Accessed February 19th 2013

Hall and Keynes. 2005. Action Research A Guide for Associate Lecturers. United Kingdom: The Open University

Harahap, Sofyan. 2011. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Haryati, Mimin. (Ed.). 2009. Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Jonassen, David. 2000. Learning As Activity: The Meaning of Learning Project. Missouri: Learning Development Institute University of Missouri

Kalantzis and Cope. 2012. Learning Activity. http://newlearningonline.com/learning-by-design/glossary/learning-activity/. Accessed February 23rd 2013

Kearsley and Shneiderman. 1999. Engagement Theory: A framework for technology-based teaching and learning. Science and Development. Naval Sea Systems Command

Kelly, et al. 2000. Use of the Action-Research Methodology in the Development of Accounting Education. Accounting Educators’ Journal Volume XII

Kennedy, Declan. 2006. Learning Outcomes in UCC. International Symposium on Implementing Learning Outcomes UCC 10 –11

Kolis, Mickey et al. 2011. Designing “Learning” Lessons for the University Classroom. Teaching Reprts of Currents in Teaching and Learning Vol.4 no.1

Kurniatin, Dyah Titin. 2010. Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang. Malang. Skripsi UM

Linn, Robert. Student Learning, Student Achievement: How Do Teachers Measure Up. Arlington: National Board for Professional Teaching Standards

Maryono and Tisngati (2011). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Ttw dan Tps di Smpn Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 3, Nomor 2, Desember 2011, hlm. 70-134

Master, Janet. 1995. The History of Action Research. in I. Hughes (ed) Action Research Electronic Reader, The University of Sydney

Mayes and Freitas. 2004. JISC e-Learning Models Desk Study Stage 2: Review of E-Learning Theories, Frameworks and Models. United Kingdom: Joint Information Systems Committee Report

McNiff, Jean and Jack Whitehead. 2002. Action Research: Principles and Practice. London.: Routledge Falmer.

Qarareh, Ahmed.O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science, 4(2): 123-132

Saguaro. 2001. Curriculum Design: The 5-E Learning Cycle. The Saguaro Project

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Scroggins, Bill. November 2004. The Teaching-Learning Cycle: Using Student Learning Outcome Results to Improve Teaching and Learning. Workshop Activities and Resource Materials. Modesto Junior College

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Songer and Ho. 2005. Guiding the “Explain”: A Modified Learning Cycle Approach Towards Evidence on the Development of Scientific Explanations. Canada. Paper of The University of Michigan

Stern and Huber. Active Learning for Students and Teachers: Reports from Eight Countries. Paris: Peter Lang.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriatin. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dengan Strategi Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Is1 Sma Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Medan. Skripsi FE Unimed.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tuna and Kacar. 2013. The Effect of 5e Learning Cycle Model in Teaching Trigonometry On Students’ Academic Achievement and the Permanence of Their Knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implications.Volume: 4 Issue: 1 Article: 07

Uno and Mohamad. 2011. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi aksara.

Valizadeh, Katayoon. 2004. Classroom Activities Viewed from Different Perspectives: Learners’ Voice and Teachers’ Voice. The Electronic Journal for English as a Second Language Volume 8 Number 3.

Young, M. R. 2010. Action research: enhancing classroom practice and fulfilling educational responsibilities. Journal of Instructional Pedagogies. Volume 3.

Yusriati, Ihya. June 2012. Makalah Model Pembelajaran Learning Cycle. http://ihyayusriati.blogspot.com/2012/06/makalah-model-pembelajaran-learning.html. Accessed February 20th 2013

0 Response to "Penulisan Daftar Pustaka Terlengkap"

Post a Comment